RUBAH PERINGATAN BAHAYA MEROKOK!

 

Mungkin tidak disadari ketika melihat billboard iklan rokok, kini peringatan bahaya merokok berubah. Dulu dalam peringatan bahaya merokok "MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN" berubah to the point yaitu " ROKOK MEMBUNUHMU"  Disampingnya terdapat orang yang sedang merokok dan gambar tengkorak, serta tulisan18+.

Pencantuman bahaya merokok bertujuan memberikan edukasi kepada perokok secara nyata. Perubahan kata-kata itu merupakan inisiatif dari perusahaan rokok untuk mendukung PP 109 Tahun 2012 yang mengatur tentang pemasangan gambar meyeramkan yang merupakan efek yang ditimbulkan oleh rokok. Rencananya PP 109 tersebut akan mulai berjalan efektif pada bulan Juni 2014.

Namun, perubahan ini dinilai tidak banyak berpengaruh, porsi ruang untuk peringatan tersebut masih terlalu kecil jika dibandingkan dengan iklan rokoknya. Begitu juga dengan akses untuk mendapatkan rokok yang mudah dibeli dimana saja.

Justru yang lebih mengherankan adalah pemilihan gambar tersebut, padahal dalam aturan untuk iklan rokok dilarang menampilkan rokok atau orang yang sedang merokok. Perubahan peringatan bahaya merokok ini justru  turut membantu kegiatan promosi rokok tersebut.

No comments:

Post a Comment