Hari Belanja Online Nasional ini berawal dari diskusi informal beberapa pemain e-commerce besar Indonesia sambil ‘ngopi-ngopi’. Lalu timbul ide untuk memilih satu hari khusus sebagai Hari Belanja Online Nasional, yang pada hari itu peritel yang berpartisipasi akan aktif mempromosikannya, serta memberikan diskon-diskon serta promosi menarik bagi pembelanja, mirip dengan Cyber Monday di Amerika Serikat atau 11.11 di China.
Tujuannya, selain memberi ajang belanja yang menyenangkan, adalah untuk mendorong semakin tingginya kebiasaan belanja online di Indonesia, yang pada akhirnya akan memicu kemajuan dunia e-commerce Indonesia. Akhirnya disepakati 12 Desember 2012 (12.12.12) sebagai hari pelaksanaannya.
Kampanye Hari Belanja Online Nasional ini juga ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online aman dan nyaman yang bisa dilakukan kapan saja. Tidak hanya itu saja, kampanye yang digelar selama 24 jam ini juga memiliki misi untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi yang saat ini sudah mencapai 63 juta pengguna. Hari Belanja Online Nasional sebenarnya mengadopsi Cyber Monday yang
dilakukan di Amerika Serikat. Dalam kegiatan tersebut berbagai penawaran
dan diskon fantastis ditawarkan kepada pelanggan. Di China program
tersebut juga menuai kesuksesan.
Untuk menghadapi peningkatan yang signifikan dalam traffic penjualan,
situs-situs belanja online telah menyiapkan segalanya agar program ini
berjalan lancar, baik itu dalam hal traffic atau petugas customer
service.
Tahun ini perusahaan e-commerce yang berpartisipasi antara lain Lazada.co.id, Zalora.co.d, PinkEmma.com, Berrybenka.com, Bilna.com, Tiket.com, Reebonz.co.id, Traveloka.com, LivingSocial.co.id, Blandja.com, DamnILoveIndonesia.com, Qraved.com, FoodPanda.co.id, bobobo.com, Luxola.com, Maskool.in, getScoop.com, ShopDeca.com, Lakupon.com, Sukamart.com, HijUb.com, dan HotelQuickly.com.
Tahun ini perusahaan e-commerce yang berpartisipasi antara lain Lazada.co.id, Zalora.co.d, PinkEmma.com, Berrybenka.com, Bilna.com, Tiket.com, Reebonz.co.id, Traveloka.com, LivingSocial.co.id, Blandja.com, DamnILoveIndonesia.com, Qraved.com, FoodPanda.co.id, bobobo.com, Luxola.com, Maskool.in, getScoop.com, ShopDeca.com, Lakupon.com, Sukamart.com, HijUb.com, dan HotelQuickly.com.
Masing-masing
e-commerce menawarkan program promosi dan hadiah menarik yang berbeda satu sama
lain. Mulai dari hadiah
langsung berupa voucher belanja hingga potongan harga sampai 80 persen turut
mewarnai geliat antusiasme para pelaku bisnis e-commerce dan pelanggannya. Masing
masing online retailer telah mempersiapkan diri secara khusus seperti
meningkatkan kapasistas server, menambah tenaga untuk delivery demi memastikan
pelayanan terbaik bagi pelanggan. Bahkan ada online retailer yang mempersiapkan seluruh tim untuk
bergadang dari jam 12 malam di 12 desember demi memastikan semua pesanan
pelanggan dapat diproses dengan cepat. Tak hanya itu, untuk kemudahan
pembayaran, kampanye ini juga didukung penuh oleh Telkomsel Poin, BNI Credit
Card, Panin Bank, Standard Chartered, BRI dan RPX, ajang #1212Sale tahun ini diharapkan akan
lebih sukses, lebih meriah, dan dapat lebih memanjakan para pecinta online shopping Indonesia daripada tahun
sebelumnya.
No comments:
Post a Comment