KONSUMEN ADALAH ASET PERUSAHAAN



Hubungan pelanggan dalam sebuah perusahaan merupakan aset yang harus dikelola secara strategis dan profesional. banyak perusahaan sekarang ini bersaing dalam hal ide dan membangun hubungan. hubungan pelanggan merupakan aset jangka panjang sebuah perusahaan.
pelanggan puas tidak hanya dari produk atau jasa perusahaan, tetapi juga oleh bagaimana mereka diperlakukan oleh perusahaan dan para karyawannya. Jadi hubungan berasal dari kepuasan pelanggan yang terus menerus.

Banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk menjalin hubungan yang harmonis, sehingga akan tercipta mutualisme diantara kedua belah pihak.

Hubungan langsung
Pelanggan akan merasa dekat dan puas bila mereka selalu dipahami dan dimengerti semua kebutuhannya oleh perusahaan melalui karyawannya. Call Center merupakan salah satu media yang paling efektif untuk membuat baik hubungan dengan pelanggan. Pelanggan bisa menghubungi layanan ini untuk kebutuhannya dan menyampaikan kritik dan saran atau kekecewaan yang mereka terima.

Merek sebuah Produk
Hubungan pelanggan dapat dibangun melalui merek sebuah produk. merek yang kuat akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan dan memperlancar komunikasi pemasaran, sehingga membuat pelanggan merasa dekat. Sebuah merek dapat menjadi magnet yang kuat. Menurut Ippho Santosa, seorang pakar marketing, sebuah merek hendaknya mudah diucap dan mudah ditulis (Speakable & Writable). Karena pihak yang paling sering melakukan komunikasi merek addalah pihak eksternal, sehingga merek tersebut mudah melekat dihati pelanggan, ini dapat mempertahankan hubungan emosional perusahaan dengan pelanggan.

Promosi, Iklan
Kegiatan ini dapat mempercepat hubungan dengan pelanggan. Dengan promosi diharapkan pelanggan dapat mengenal lebih dekat mengenai suatu produk. Selain itu perusahaan juga memberikan sponsor berbagai kegiatan agar perusahaan selalu ingin melakukan hubungan yang langgeng dengan  semua pelanggan.

Internet
Internet dapat menciptakan kepuasan pelanggan, beberapa pelanggan sangat senang bila dengan mudah mendapatkan informasi dengan mudah dan juga dapat melakukan transaksi pembelian suatu produk dari rumah. Tetapi internet mungkin menghilangkan, atau mempersulit interaksi dengan karyawan perusahaan dan berkurangnya perasaan pelanggan pada saat interaksi, namun kini beberapa perusahaan sudah tersedia fitur live chat atau video call pada saat online.


No comments:

Post a Comment