KONSUMEN CERDAS

 


Dengan menjadi konsumen cerdas, masyarakat bisa mengonsumsi barang dan jasa yang tidak membahayakan diri, baik dari sisi keselamatan diri maupun lingkungan. Konsumen harus meneliti barang dan jasa sebelum membeli, memperhatikan label, manual, kartu garansi, dan masa kedaluarsa. Konsumen juga harus memastikan produk itu sesuai mutu kesehatan, keamanan, keselamatan, dan lingkungan. Sementara para pelaku usaha pelaku usaha wajib beritikad baik dan memberikan informasi yang benar.

Konsumen cerdas adalah konsumen yang kritis dan berani memperjuangkan haknya apabila barang atau jasa yang dibelinya tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan tidak sesuai dengan yang diperjanjikan, tetapi konsumen juga harus mengerti akan kewajibannya.

5 kiat menjadi konsumen cerdas:
  1. Konsumen harus menegakkan hak dan kewajibannya selaku konsumen
  2. Meneliti barang dan jasa debelum membeli
  3. Memperhatikan label, manual, dan kartu garansi serta masa kadaluarsa
  4. Memastikan produk sesuai dengan standar mutu kesehatan, keamanan, dan keselamatan dan lingkungan (K3L)
  5. Serta membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan

No comments:

Post a Comment