RAHASIA MELAYANI PELANGGAN KECEWA

 

Mengapa pelanggan kecewa?
Pertanyaan ini bisa anda jawab, bila anda sendiri sebagai pelanggan dikala kecewa terhadap suatu pelayanan. Pelanggan ingin dilayani seperti raja. Oleh karena itu, salah satu cara untik dapat mengatasi kekecewaan mereka adalah dengan mencari tahu penyebabnya.

Beberapa pelanggan kecewa :
-  Tidak sesuai dengan apa yang diharapkan
-  Sudah kecewa pada seseorang atau sesuatu yang lain
-  Merasa tidak diperhatikan dan tidak didengarkan
-  Mendapatkan informasi yang tidak jelas dari perusahaan
-  Mendapatkan tanggapan yang menyakitkan
-  Merasa diperlakukan kasar, tidak dihargai
-  Janji yang tidak ditepati
-  Produk yang tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan

Melayani pelanggan kecewa bukan hal yang mudah. Tidak ada paduan baku yang bisa digunakan setiap orang. Tetapi ada pada keterampilan dan trik yang bisa dipelajari, dengan sikap positif dan latihan.

Melayani pelanggan yang kecewa memang seringkali tidak menyenangkan, namun suka tidak suka, mau tidak mau anda harus tetap melakukan. Jika pelanggan terus kecewa akan mengganggu dan merusak suasana, sebaiknya perlu ada solusi untuk mengatasinya. 

Hasil survei menunjukkan bahwa pelanggan tidak lagi membeli produk dari sebuah perusahaan karena mereka diperlakukan kasar, kurang diperhatikan dan mendapat pelayanan yang buruk. Perusahaan akan rugi besar jika pelanggan memutuskan untuk tidak menggunakan produknya lagi dan tidak kembali berhubungan lagi.

Sekarang perusahaan sudah menyadari betapa pentingnya pelayanan terhadap konsumen. Bahkan keluhan pelanggan merupakan sumber informasi yang berharga untuk evaluasi peningkatan kinerja perusahaan, baik di bidang SDM nya maupun produknya. Keluhan pelanggan membuka kesempatan bagi perusahaan untuk memperbaiki masalah dengan segera. Dengan demikian, bisa membangun ide-ide inovasi produk, pemasaran, meningkatkan pelayanan dan mengembangkan bentuk promosi dan informasi mengenai suatu produk.

Menangani keluahan dengan hati-hati bisa menekan biaya yang dikeluarkan. Informasi negatif yang disampaikan kepada umum berarti akan membuat keuntungan perusahaan hilang. Karena itu pengelolaan dalam menangani keluhan pelanggan harus menjadi perhatian yang sangat penting.

No comments:

Post a Comment